Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

ingat! besok tanggal 9 - 10 muharram, yuk perbanyak pahala | Puasa Tasu'a & Asyura

Ok. Seperti yang telah kita ketahui gaes, klo bulan Muharram itu memiliki banyak keberkahan. Seorang muslim juga disunnahkan menjalankan ibadah sunnah dibulan ini, yakni puasa sunnah tasu’a dan puasa asyura.

Sedikit berbagi ilmu ya gaes. Mungkin ada yang masih kurang tahu, apa sih puasa tasu’a dan syura itu?


Puasa Tasu’a

Puasa tasu’a adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Menurut Imam Nawawi Rahimahullah, ada hikmah yang disyariatkan puasa Tasua antara lain untuk menyelisihi orang Yahudi yang hanya berpuasa pada hari kesepuluh, menyambung puasa Asyura dengan hari lainnya sebagaimana dilarang puasa pada hari jumat dan untuk kehati-hatian dalam pelaksanaan puasa Asyura dikarenakan khawatir hilal berkurang sehingga terjadi kesalahan dalam menetapkan hitungan. Oleh karena itu, puasa tasua dan puasa asyura dapat dilakukan dengan cara yakni mengiringi puasa Asyura sehari sebelum dan sehari sesudah yang mana melakukan puasa pada tanggal 9, 10, 11 Muharram.

Niat puasa tasu’a

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada'i sunnatit taasuu'aa sunnatan lillahi ta'ala

 

Artinya: "Saya berniat puasa sunah Tasua esok hari karena Allah SWT."

Puasa  Asyura

Secara bahasa, kata Asyura dalam bahasa Arab bermakna sepuluh, sedangkan secara istilah, asyura adalah tanggal 10, khususnya di bulan Muharam. Dinamakan demikian, karena sejumlah peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut dan hadis Rasul SAW yang menganjurkan umat Islam untuk berpuasa sunah.

 Puasa Muharram dan sangat dianjurkan pada tanggal 9 dan 10 (Tasu'a dan 'Asyura). Dari Muawiyah bin Abu Sufyan RA, dia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Hari ini adalah hari Asyura dan kamu tidak diwajibkan berpuasa padanya. Sekarang, saya berpuasa, siapa yang mau, silakan puasa dan siapa yang tidak mau, silakan berbuka.” (HR Bukhari dan Muslim).
Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, bahwa berpuasa pada hari itu memiliki sejumlah keutamaan serta hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaki. Barang siapa yang melapangkan keluarga dan familinya pada hari Asyura, niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu.” (HR al-Baihaki).

Dalam kitab Shahih Muslim terdapat riwayat dari Abu Qatadah RA, bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang puasa Asyura, beliau bersabda: Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang lewat.”

Sedangkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ ، وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

“Barangsiapa

berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharran, niscaya Allah akan memberikan 10.000 pahala malaikat dan 10.000 pahala orang haji dan umrah, 10.000 pahala syuhada’. Dan baragsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“.

Sanadhadits ini memang dla’if (lemah), tapi isinya (matan hadits) boleh diamalkan,

karena berkaitan dengan kebajikan-kebajikan (fadla’ilul a’mal).

    Niat puasa Asyura

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatil aasyuuraa lillaahi ta'aalaa.

 

Artinya: "Saya berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT."

Tahun Baru Islam atau Hijriah telah diperingati oleh umat Islam pada 1 Muharram 1442 H yang jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020 lalu.

 Pada tahun ini, puasa Tasua dan Asyura jatuh bertepatan pada hari Jumat, 28 Agustus 2020 dan Sabtu, 29 Agustus 2020. Yakni tiada lain besok hari Gaes..!

Maka dari itu ayo kita bersama – sama berlomba untuk memperbanyak amal baik kita, jangan sampai kesempatan kali ini kita lewatkan dengan sia – sia tanpa ada kesan yang bagus. Karena ada pepatah “kesempatan tidak datang dua kali, karena sekarang tidak akan sama dengan hari esok”.

OK, SEMANGAT MELAKSANAKAN……

SALAM CINTA DARI KAMI @MAMBA'UL_HUDA SANTRY

 

 

Posting Komentar

0 Komentar