Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

KISAH NABI MUHAMMAD SAW.( biografi dan kisah kelahirannya)

 

KISAH PERJALANAN HIDUP NABI BESAR MUHAMMAD SAW.

    Ada sebuah pepatah; Tak kenal , maka tak sayang. Tak sayang, maka tak cinta.

    Sebagai umat islam sudah semestinya kita memiliki rasa cinta kepada panutan kita, yakni Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, menjadi keharusan untuk mengenal lebih dekat  siapakah sosok Nabi Muhammad SAW. Itu .

    Nah untuk mengenal siapa beliau, kita harus tau cerita/hikayat tentang riwayat hidup beliau  yang telah berjuang untuk islam dan umatnya, dari kisah kelahiran sampai beliau wafat.

NABI MUHAMMAD SAW.

    Nabi Muhammad SAW. Adalah seorang yang diutus Allah SWT. Untuk seluruh umat manusia. Karena itu ajarannya sangat universal, tidak hanya tentang ibadah / keakhiratan, tetapi juga menyangkut segala sisi tentang urusan duniawi, Beliau adalah akhir/ penutup dari para nabi, jadi tidak ada lagi nabi / utusan Allah setelah beliau. Beliau diutus Allah untuk menyebarkan agama Islam sekaligus sebagai penyempurna akhlak. Beliau memiliki kepribadian mulia dan akhlak terpuji, oleh karena itu beliau merupakan uswatun khasanah/  suri tauladan bagi seluruh umat manusia.


Seperti sabda beliau :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَاِرمَ الْأَخْلَاقِ

 (Innama bu'itstu liutammima makarimal akhlaq)

“sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”

BIOGRAFI  SINGKAT NABI MUHAMMAD SAW.

    Nabi Muhammad SAW. Berasal dari suku Quraisy, yakni suku terpandang di daera Makkah. Nasab/ silsilahNya tersambung sampai pada Nabi Ibrahim AS.

     Ayahnya bernama Abdullahbin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdul Manaf. Sedangkan ibunya bernama Aminah binti Wahab bin Abdul manaf bin Zuhro bin Kilab.

Ayah beliau meninggal di usia 18 tahun,yanki bersamaan saat beliau masih dalam kandungan ibunya. Dia (Abdulloh) kemudian dimakamkan di madinah.

 sumber : kitab khulashoh nurul yaqin jus 1


               

Posting Komentar

0 Komentar