Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

Tilawatil Qur’an |Ponpes mamba'ul huda Kaliabu






  

Adalah seni yang digunakan  untuk memperindah bacaan Al – Qur’an  dan sangat baik untuk dipelajari bagi setiap orang muslim, khususnya bagi para santri di kalangan pesantren. Oleh karena itu santri bisa membaca Al – Qur’an dengan tartil dan bernada merdu.

Adapun tilawah secara istilah adalah membaca Al Qur'an dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melafadzkannya agar lebih mudah untuk memahani makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Membaca Al Qur'an dengan tartil yang sebenar-benarnya, tidak membaca Al Qur'an dengan asal-asalan, dan agar bisa membaca Al Qur'an dengan tartil yang sebenar-benarnya seorang muslim dituntut untuk mempelajari bacaan Al Qur'an dengan baik dan benar yang dalam ini diistilahkan dengan tahsin tilawah Al Qur'an

 

4 Keutamaan Orang yang Tilawah Qur'an:

1.   Sepanjang dia tilawah Alqur'an, maka rahmat Allah Ta'ala akan meliputi dirinya di atas kepalanya sampai selesai tilawah.

2.   Malaikat hadir.

3.   Ditanamkan ketenangan.

4.   Disanjung oleh Allah Ta'ala di hadapan seluruh makhluk sampai tilawahnya selesai.

Di Pon Pes Mamba’ul Huda, tilawah dijadikan salah satu ekstrakurikuler wajib bagi seluruh santri. Pelajaran tilawah tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu sore ba’da Ashar, dibimbing oleh bapak kyai Shodikin yang berkediaman di Krambetan, Jogomulyo, Tempuran, Magelang. Beliau telah menjadi guru tilawah di berbagai tempat, baik pondok Pesantren maupun desa – desa dan Majlis Ta’lim.

Posting Komentar

0 Komentar