Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

Sungkem dan Cium tangan | PONPES MAMBAUL HUDA

kenapa sih harus sungkem....??

kenapa sih harus cium tangan...??

           Mungkin pernah terbesit di pikiran teman - teman, tentang apa tujuan dan kenapa harus sungkem kepada kedua orang tua, kepada guru, kepada orang yang dihormati. sebenarnya sungkem dan cium tangan adalah salah satu wujud penghormatan. salah satu wujud penghormatan loh ya! kalo penghormatan, hakikatnya ada dalam hati masing - masing indvidu. sebenarnya sungkem dan cium tangan merupakan adat, terutama kalangan masyarakat jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini.

            Sampai - sampai di pernikahan adat jawa, ada prosesi sungkeman, ya tujuannya sama yaitu merupakan penghormatan pada orang yang terhormat atau yang kita hormati. dikalangan masyarakat mungkin kita biasa menemui seorang anak sungkem pada orang tuannya, seorang murid sungkem pada gurunya, warga sungkem pada para Kyai dan lain sebagainya. sedangkan dalam kalangan santri, hal ini juga masih dilestarikan. terutama kepada bapak Kyai serta Ibu Nyai dan para masyayikh & keluarga ndalem. hal ini sebagai penghormatan dan mengaharap barokah serta tambahan doa dari beliau.

            Sebagai seorang murid atau santri, sudah sepatutnya harus hormat ta'dzim kepada para guru dan keluarganya, karena hanya dengan itu para santri dapat memperoleh barokah ilmu yang ia pelajari. sebebnarnya banyak sekali wujud ta'dzim, dan sungkem lah salah satu contoh yang paling sederhana dari hormat ta'dzim guru, dikarenakan kita tidak akan mampu membalas budi kepada guru - guru kita atas apa yang telah mereka berikan.

terkhusus untuk guru - guru kita....

Al Fatihah....

Posting Komentar

0 Komentar