Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

Bahas Tuntas Mengenai Bulan Rajab dan Keutamaannya



3 Hari Lagi Menuju Bulan Rajab, Apa saja Keistimewaannya?

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram,artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam,terdapat empatbulan haram,yakni Dzulqa’dah,Dzulhijjah,Muharram, dan Rajab. 

Perlu dicatat, haripertama bulan Rajab tahun ini atau 1 rajab 1442 Hijriyah bertepatan dengan Sabtu,13 Februari 2021,atau lebih tepatnya tiga hari lagi kita akan memasuki bulan yang mulia tersebut.

Nah, terus apa aja sih keutamaan – keutamaan yang ada dibulan Rajab ini ?. amalan sunnah apa saja yang ada atau dianjurkan didalam bulan tersebut?

Berikut ada beberapa penjelasan seputar bulan Rajab,simakbaik- baik ya.. 

Do’a Rasulullah Saat Memasuki Bulan Rajab 

Rasulullah  pernah mencontohkan,saat memasuki bulan Rajab beliau membaca:

الَّلَهُمَّ بَا رِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَارَمَضَانَ

Allahumma bariklana fi rajaaba wa sya’bana wa ballighna ramadhana

“duhai Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kamidengan bulan Ramadhan”


Demikian Do’a yang pernah Rasulullah ucapkan ketika menyambut bulan Rajab. Selain berdzikir dan berdo’a, pada bulan Rajab Umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa sebanyak- bannyaknya, sebagaimana juga pada bulan- bulan haram lainnya. Mengapa?karena bulan Rajab memiliki beberapa keutamaan.

Keutamaan Bulan Rajab

Diantara beberapa keutamaan atau fadhilah bulanRajab yakni:

Berdzikir /wiridan 

Nabi Muhammad bersabda:’ barang siapa yang mengucapkan kalimat  سبحان الحي القيوم sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari awal rajab, mengucapkan سبحان الاحدالصمد sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari kedua bulan Rajab, dan mengucapkan سبحان الرؤف sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari akhir bulan Rajab,maka tidak ada orang yang bias menghitung pahalanya.”

Hadis ini memberikan pengertian tentang bacaan / wirid yang diamalkan pada bulan Rajab dan juga pahala yang akan didapatkan sangat besar sekali sehingga tidak terhitung.

Berpuasa 

Rasulullah juga menyampaikan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah Swt, sedangkan bulan Sya’ban adalah bulannya Rosulullah,sementara bulan Ramadhan merupakakan bulannya Umat Muhammad Rosulullah Saw.

 Selanjutnya Nabi menegaskan tentang siapa saja yang berpuasa pada sehari atau hari pertama bulan Rajab dengan murni karena Allah Swt, tanpa niat lainnya,maka akan selalu mendapatkan ridho agung Allah dan dijanjikan tempat surga firdaus.

sedangkan pahala puasa hari ke-2 akan mendapatkan kelipatan dua kali hitungan semua gunung didunia.

Puasa hari ke-3 akan mendapat pahala penghalang neraka. 

Puasa hari ke-4 akan mendapatkan pahala diselamatkan dari segala bala’yang menimpa, serta diselamatkan dari fitnah dajjal.

Puasa hari ke-5 akan mendapatkan pahala berupa selamat dari siksa kubur.

Puasa hari ke-6 akan mendapat pahala yakni jaminan wajahnya bersinar saat keluar dari kubur sebagaimana sinar rembulan tanggal empat belas.

 

Adapun puasa tujuh hari adalah mendapat pahala berupa ditutupnya tujuh pintu neraka.

Untuk pahala puasa delapan hari adalah dibukakan delapan pintu surge. 

Pahala puasa Sembilan hari yakni akanbangun dari kubur dengan memanggil kalimat لااله الا الله dan langsung masuk surge.

Puasa sepuluh hari akan mendapatkan pahala berupa jalan mulus menuju siratal mustaqim.

(Kitab Lathaifut Thaharah wa Asrarus Sholat hal 83-88 “bab fadhilah Rajab”)  karya KH.Sholeh bin Umar Assamarani (Sholeh Darat)

Sedekah 

Sungguh bulan Rajab merupakan bulan kemurahan Allah Swt. Beberapa hadist menjelaskan tentang pelipat gandaan pahala bagi mereka yang beramal shalih dibulan mulia tersebut. Rasulullah bersabda

عن عبد الله بن زبير رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: من فرج عن مؤمن كربة فى شهر رجب وهو شهر الله الأصم, أعطاه الله تعالى فى الفردوس قصرا مد بصره ألا فأكرموا رجب يكرمكم الله عزوجل بألف كرامة

 

"Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mu’min di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan.”

Memperbanyak Sayyidul Istighfar

Umat muslim dianjurkan untuk banyak memohon ampun atas dosa-dosanya di bulan Rajab.Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore.Barang siapa yang membaca ini dan meninggal, maka ia masuk surga.

Adapun bacaan sayyidul istighfar adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”


Posting Komentar

0 Komentar