Kategori

yuk.. mondok di PONPES MAMBA'UL HUDA

Peringatan haul masyayikh | PONPES MAMBAUL HUDA

          


  Secara bahasa, haul berarti tahun, sedangkan secara istilah, haul adalah serangkaian doa, bacaan kalimah - kalimah toyibah, dan tahlil yang ditujukan kepada orang yang telah meninggal dunia. haul juga dapat diartikan sebagai peringatan meninggalnya seseorang. sesuai dengan artinya, haul biasanya dilaksanakan satu tahun sekali bertepatan dengan tanggal wafatnya orang yang dihauli.

            Begitu juga di Pondok Pesantren Mamba'ul Huda terdapat peringatan haul, yaitu haul simbah KH.Muhsonudin & Nyai Hj.Nurul Istiqomah, pendiri sekaligus pengasuh pertama yang bertepatan tanggal 21 Rajab. haul ini biasanya dilaksanakan di komplek pondok pesantren Mamba'ul Huda pusat, kantor, kaliabu, Salaman, Magelang. Rangkaian acara haul dimulai dengan ziarah qubur dan simaan Al Qur'an santri putra & putri dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai, kemudian bakda ashar dilanjutkan ziarah alumni, setelah itu sholat maghrib berjamaah dan mujahadah, selanjutnya acara inti haul dilaksanakan bakda isya'.

            Acara haul ini dihadiri oleh seluruh Dhuriyyah simbah KH.Muhsonudin & Nyai Hj.Nurul Istiqomah serta para pemuka agama desa Kaliabu dan seluruh alumni. dengan acara haul ini, santri dan alumni mengharapkan barokah atau tabarukkan dengan meneladani sifat - sifat terpuji beliau, serta sebagai ajang silaturahmi dengan para guru dan temu kangen sesama alumni & santri.

Posting Komentar

0 Komentar